About UGM
IT Center
Library
Research
Webmail

[TOURISTA] Menjejaki Tanah Kendari

Posted by Administrator
Posted on
03
Nov
2014

Kota Kendari merupakan ibukota propinsi Sulawesi Tenggara. Nama Kendari sendiri mungkin belum begitu terkenal daripada nama objek wisatanya yang sudah melanglang buana. Beberapa tempat wisata di Kendari bahkan sudah menyedot banyak wisatawan asing untuk datang menikmati taman bawah lautnya yang luar biasa menakjubkan. Namun, bukan hanya itu saja objek wisata yang terkenal di Kendari ataupun di Sulawesi Tenggara. Ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi.

Air Terjun Moremo

Air terjun ini terletak di kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, sekitar 60 km dari pusat Kota Kendari. Untuk menuju tempat ini dibutuhkan angkutan udara ke Tanjung Peropa. Air terjun Moramo sendiri adalah jenis air terjun cascade atau bertingkat. Air jernih dan suasanya yang masih alami membuat tempat ini sangat cocok untuk anda yang mendambakan kesunyian dan ketenangan saat liburan.

Hutan suaka Tanjung Peropa sendiri terkenal sebagai cadangan baru marmer terbesar di dunia, dan terbesar untuk Indonesia. Anda bisa memanjat ke puncak air terjun tanpa khawatir akan terjatuh karena licin. Pasalnya, air terjun Moremo mempunyai batuan kapur yang tidak licin jadi anda bisa naik ke puncak tingkat tertinggi.

Benteng Istana Buton

Benteng Istana Buton dinobatkan menjadi benteng terluas di dunia oleh Guiness book Of Records tahun 2006. Tidak banyak yang tahu mengenai benteng kesultanan Buton ini. Namun, kemegahan dan kondisinya masih sangat bagus. Masyarakat di sekitarnya lah yang menjaga situs ini.

Benteng Istana Buton berdiri di Kabupaten Bau Bau. Benteng ini melindungi satu kelurahan Melai yang hidup dalam lindungan benteng dari ancaman luar. Menurut masyarakat yang tinggal di sana, mereka sendiri masih keturunan orang istana Buton, karenanya, memelihara dan menjaga Benteng Buton ini wajib hukumnya.

Total ada sekirat 52 meriam yang menjaga 16 pos jaga di benteng Buton ini. Ada sekitar 12 pintu masuk untuk menuju benteng sendiri. Selain itu, masyarakat Melai masih menaati adat istiadat yang dilakukan masyarakat Kesultanan Buton terdahulu. Begitu banyak kebudayaan dan upacara adat yang dijaga dan dilaksanakan dengan teliti di Melai. Uniknya, semua rumah di Melai harus dibuat panggung dengan pondasi kayu. Bila ada penduduk yang terlanjur membuat pondasi beton atau bata, maka mereka diharuskan untuk merubahnya ke rumah panggung.

Pantai Nambo

Pantai Nambo adalah salah satu pantai terkenal dan menjadi objek wisata favorit di Kendari. Letaknya sendiri hanya sekitar 12 kilometer dari kota Kendari. Pantai ini berair jernih dengan gradasi warna yang menarik. Dari putih di tepian pantai yang bersinggungan dengan pasir putih, ke hijau muda yang cantik di perairan dangkal, lalu disambut biru gelap di perairan yang lebih dalam.

Ombaknya beriak tenang dan semilir angin laut membuat semuanya indah. Nyiur dan pohon yang tumbuh di pinggir pantai membuat suasana semakin indah. Pantai pasir putih dengan pemandangan indah ini saat ini tengah menjadi fokus pemerintah kota Kendari untuk dijadikan objek wisata.

Taman Nasional Wakatobi

Satu lagi tempat wisata di Kendari yang wajib anda kunjungi adalah Taman Nasional Wakatobi. Taman nasional ini memiliki 25 buah gugusan terumbu karang dengan keliling pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km. Wisata bawah laut Wakatobi adalah surga bagi para penyelam di seluruh penjuru dunia. Selain itu pantai pantai indah berpasir putih dengan keindahan yang terbenam dalam lautannya, telah menyihir banyak orang untuk datang.

(diolah dari berbagai sumber)

Share This Post To :